Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?

Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?

Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?
Di kutip dari situs http://www.beritasatu.com/ Begadang tidak hanya dapat membuat Anda mengantuk, tetapi juga dapat memicu munculnya jerawat, bahkan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Meski belum ada bukti jelas yang menunjukkan bahwa begadang dapat memicu mulculnya jerawat, namun penelitian mengungkapkan bahwa secara tidak langsung, kurang tidur dapat menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Ketika sering tidur larut malam, itu berarti Anda telah mengurangi waktu tidur yang dibutuhkan untuk meremajakan tubuh. Waktu tidur yang bagus ialah 7-8 jam. Menurut Livestrong dan Buzzle, kurang tidur dapat menyebabkan stres, peningkatan peradangan, peningkatan resistensi insulin dan depresi.

Stres merupakan faktor penting yang menyebabkan jerawat. Peningkatan stres dapat merangsang kelenjar adrenal yang bertanggungjawab untuk memproduksi androgen. Pengeluaran hormon-hormon dalam tubuh memicu pembentukan jerawat. Stres juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan inflamasi sistemik. Laporan Journal of Clinical Endokrinologi and Metabolism, menyatakan bahwa tidur yang tidak memadai menyebabkan peningkatan sitokin inflamasi. Peningkatan zat di dalam tubuh meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Seperti diketahui, bahwa jerawat adalah peradangan pori-pori di kulit, jelas bahwa peradangan dipicu karena peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh.

Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?

Selain itu, kurangnya tidur menyebabkan resistensi insulin meningkat. Sehingga memaksa tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga menyebabkan produksi sebum (minyak), meningkatkan dan peradangan yang menyebabkan potensi pembentukan jerawat.

Meskipun begadang tidak memberikan kontribusi terhadap pembentukan jerawat secara langsung, namun faktor-faktor yang dihasilkan bertanggungjawab untuk pembentukan jerawat. Jadi bisa di simpulkan Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos? Jawabannya bisa disebut FAKTA. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda menghentikan kebiasaan begadang dari sekarang agar wajah Anda tidak jerawatan.

Itulah Informasi tentang jerawat akibat sering begadang / sering tidur terlalu malam. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?

1 Response to "Sering Begadang Buat Wajah Jerawatan? Fakta atau Mitos?"