7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat


7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat
Tahukah Anda 7 Makanan ini merupakan Penyebab Munculnya Jerawat??? Apakah benar atau hanya mitos??? Nah berikut kami punya informasi terpercaya yang mungkin membuat Anda tidak percaya.

Beberapa orang mengaku mengalami masalah jerawat yang semakin parah setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Terbukti, dari beberapa penelitian diketahui kandungan zat tertentu dalam makanan dapat menjadikannya sebagai makanan penyebab munculnya jerawat.

Banyak faktor yang memepengaruhi munculnya jerawat pada wajah. Jerawat bisa saja muncul  karena faktor dari dalam yaitu stress dan hormon. Biasanya kondisi ketidak stabilan dalam diri akan memicu munculnya jerawat. Selain itu jerawat pada wajah juga dapat muncul memang karena hormon atau keturunan.

Jerawat memang bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan, apalagi jika kita termasuk orang yang memiliki alergi terhadap makanan, salah makan sedikit saja jerawat sudah muncul dimana-mana.

Pada umumnya semua jenis makanan adalah baik selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan kandungannya tidak mengganggu sistem metabolisme tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi mineral tertentu akan merangsang tubuh bereaksi dan sebagai hasilnya timbullah jerawat.

7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat


Begitu pula dengan kandungan makanan tersebut. Beberapa orang memang mengalami tingkat alergi yang berlebih terhadap zat tertentu dalam makanan. Mengkonsumsi sedikit saja zat tersebut dapat berakibat tubuh gatal dan timbul jerawat di muka dan punggung.

Berikut 7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat :

1. Gula
Gula adalah salah satu jenis makanan penyebab jerawat yang paling utama dan paling sering diabaikan orang. Bukan hanya menyebabkan jerawat, makanan dengan gula tambahan bahkan dapat memperparah dan menyebabkan jerawat menjadi infeksi.

Makanan yang mengandung gula akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh dan sebagai akibatnya hormon dan protein dalam tubuh akan berubah sehingga timbullah jerawat. Hindari mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti kentang, nasi dan roti. Kurangi mengkonsumsi karbohidrat sampai batas 40% dari keseluruhan asupan harian anda, hindari juga makanan yang mengandung pemanis buatan seperti coklat. Sebagai gantinya konsumsilah makanan seperti buah dan sayuran yang meskipun terasa manis tapi tidak menyebabkan lonjakan insulin dalam darah.

2. Susu
Beberapa pakar kecantikan menyebut susu turut bertanggung jawab terhadap munculnya jerawat di wajah dan di beberapa anggota tubuh lainnya. Meskipun susu termasuk jenis makanan dengan kadar glikemik yang rendah, tetapi kandungan susu terdiri dari banyak zat yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi susu dalam waktu yang lama menyebabkan hormon dalam susu bersama dengan kalsium yang tinggi menimbulkan jerawat. Susu menyebabkan kelenjar minyak akan menghasilkan sebum lebih banyak. Jerawat terjadi ketika sebum yang seharusnya keluar di pori-pori tersumbat.

3. Kafein
Semua jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman suplemen dapat menimbulkan jerawat. Penyebabnya karena asupan kafein akan meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh dan sebagai akibatnya tubuh menjadi lebih stres (tertekan). Terlalu sering mengkonsumsi kafein akan menyebabkan tubuh rentan stres dan menyebabkan kulit mudah berjerawat.

Pada umumnya semua minuman berkafein juga mengandung kadar gula yang tinggi. Gula buatan berkontribusi langsung terhadap meningkatnya insulin dalam darah yang dapat menimbulkan jerawat. itulah sebabnya kafein termasuk jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari.

4. Makanan olahan
Makanan olahan adalah jenis makanan yang telah melalui beberapa proses sebelum akhirnya disantap. Pengolahan termasuk dengan memasak, menggoreng, membakar, yang menyebabkan kandungan enzim dan mineral makanan tersebut menurun drastis.

Dalam proses pengolahan, tambahan mineral kadang membuat kualitas makanan menjadi tidak sehat lagi seperti dengan menggoreng akan membuat makanan mengandung kolesterol tinggi yang tidak baik bagi kesehatan. Makanan yang telah melalui proses pengolahan seperti ini akan menjadi penyebab jerawat tumbuh di wajah.

5. Makanan instan dan cepat saji
Makanan instan, makanan cepat saji dan makanan yang telah diawetkan tidak baik bagi kesehatan. Kandungan dalam jenis makanan tersebut hanya baik di tenggorokan dan enak saat dicicipi tapi ketika telah memasuki lambung maka tubuh akan kesulitan mencernanya. Dan sebagai akibatnya muncullah lemak jahat.

Lemak jahat akan mengganggu metabolisme tubuh. Dalam jangka pendek wajah mudah berjerawat, bau tubuh tidak enak dan mudah gemuk. Dalam jangka panjang, pola makan seperti ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti diabetes dan disfungsi ereksi.

6. Alkohol
Alkohol adalah salah zat yang sangat sulit dinetralkan oleh tubuh. Darah yang mengandung banyak alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan mengalami dehidrasi. Jerawat sangat mudah tumbuh dan mengalami infeksi dalam suasana tubuh yang seperti itu. Hindari alkohol jika anda ingin bebas dari jerawat.

7. Gorengan
Semua jenis gorengan adalah makanan penyebab jerawat yang harus dihindari. Makanan yang digoreng seperti ikan, kerupuk, tempe, ayam dan lain-lain tentu saja terasa nikmat dan menyenangkan. Sayangnya gorengan termasuk jenis makanan yang dapat mengganggu kesehatan terutama jika dikonsumsi berlebih dan dalam waktu yang lama.

Gorengan mengandung lemak trans yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah, jantung dan stroke. Lemak yang dihasilkan oleh makanan gorengan akan menyumbat pori-pori di kulit yang menyulitkan sebum keluar sehingga terjadilah infeksi atau wajah berjerawat.

Itulah 7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat yang harus Anda kurangi atau hindari. Konsumsilah makanan-makanan sewajarnya dan jangan berlebihan agar wajah Anda terhindar dari jerawat. Kunjungi terus blog penyembuhan jerawat kronis dan dapatkan artikel menarik setiap harinnya.

7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

0 Response to "7 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat"

Poskan Komentar